Sabtu, 10 Mei 2008

Waspadalah dengan PC dan Internet

PC dan internet adalah alat yang sangat memudahkan pekerjaan. PC memiliki berbagai fasilitas untuk memudahkan berbagai pekerjaan mulai dari pengolahan kata (word processor), desain grafis, animasi, perhitungan sederhana sampai kompleks, pelacakan kesalahan, dll. Apalagi ditunjang dengan internet yang merupakan belantara informasi. Semuanya itu nyaris saja memberikan kebebasan kepada kita untuk melakukan apa saja yang kita mau.


Lalu mengapa mesti mewaspadi keduanya?

Sebagaimana pisau yang bisa kita gunakan untuk bermacam keperluan, jika tidak hati-hati menggunakannya maka bisa jadi akan melukai diri sendiri atau orang lain yang tidak semestinya. Demikian pula dengan PC dan Internet, sebagai “alat”, kita harus waspada dalam menggunakannya. Jika tidak hati-hati dan waspada maka akan merugikan usernya.


Apa saja yang mesti diwaspadai?

1. Waktu yang terbuang

  • Tergoda keingintahuan
  • Penasaran untuk menyelesaikan masalah kecil

Ingatlah bahwa waktu kita terlalu sedikit dibandingkan apa yang harus kita kerjakan. Oleh karena itu pilihlah pekerjaan-pekerjaan berdasarkan prioritas, bukan berdasarkan keinginan.

2. Kehilangan aset, terutama data

  • Karena kerusakan hardware
  • Karena kerusakan software / virus

Data-data digital dan hardware PC kita merupakan aset. Jika Anda memiliki aset yang besar di dalamnya maka waspadalah akan resiko kehilangan aset ini akibat kerusakan hardware ataupun software. Antisipasilah.

3. Terpengaruh hal negatif

  • Content negatif
  • Belanja yang tidak perlu

Tetapkan dari awal tujuan Anda menggunakan PC / internet. Jika Anda kedapatan sedang melakukan hal yang di luar tujuan semula, evaluasilah.


Nah, sekarang manfaatkanlah alat ini dengan menangkal potensi negatifnya. Waspadalah..., waspadalah... !

Tidak ada komentar: