Selasa, 06 Mei 2008

Tips Sukses dengan Mind Mapping

Mind Mapping atau peta pemikiran kerap digunakan untuk membantu manusia dalam memanaj pola pemikirannya, agar terarah, fokus, detil, dan mudah dalam melaksanakannya. Dalam dunia bisnis pun hal ini akan sangat membantu kesuksesan usaha kita.

Pernahkan Anda bingung untuk bertindak karena banyaknya ide yang ada di kepala? Mesti mulai dari yang mana? Sementara itu ide baru terus bermunculan. Wah, memang otak kreatif ! Tetapi ironisnya terkadang tidak satu pun ide brilian itu yang terlaksana karena tidak sempat mencatat, sementara itu kesibukan sehari-hari menjadikannya tidak sempat ditindaklanjuti. Jadilah ide itu melayang tanpa bekas, meskipun sebenarnya merupakan ide yang brilian.

Suatu saat Anda melihat orang lain melakukan hal baru yang mencengangkan kemudian Anda baru teringat bahwa hal itu sebenarnya sudah pernah Anda gagas. Wah... keduluan nih...!

Anda merasa sering seperti itu? Jika iya, maka Mind Mapping bisa membantu mengorganisir ide-ide Anda dengan baik, dan jika hal ini dilakukan dengan rapi maka bukan mustahil akan menjadi salah satu penghantar Anda menuju sukses.

Ok, Anda pernah membaca / mendengar bahwa otak kita seperti halnya komputer, bisa diprogram? Contoh sederhana adalah begini, saya akan memprogram otak Anda dengan menunjukkan sebuah warna seperti di bawah ini. Apa yang ada di otak Anda?
BIRU ! Ya, benar. Kecuali Anda buta warna.. he he. Nah itu contoh sederhana memprogram otak untuk memikirkan warna biru.

Artinya, otak kita memang mudah diprogram dengan gambar. Gambar bisa membantu otak kita untuk memahami sesuatu lebih fokus.

Nah, bagaimana cara membuat Mind Mapping dalam urusan sehari hari? Gampang. Dalam buku Zero to Hero disuguhkan kiat sbb :
  1. Ambil kertas putih. Buatlah lingkaran di tengah kertas tersebut dan tulislah ide utama Anda.
  2. Tambahkan sebuah cabang dari pusatnya untuk tiap poin kunci - gunakan tinta warna warni.
  3. Tulislah kata kunci / frasa pada tiap cabang, kembangkan untuk menambahkan detail-detail.
  4. Tambahkan simbol dan ilustrasi
  5. Gunakan huruf kapital
  6. Tulislah gagasan-gagasan penting dengan huruf besar
  7. Hidpukan peta pikiran Anda
  8. Garis bawahi kata-kata itu dan gunakan huruf tebal
  9. Bersikaplah kreatif dan berani
  10. Gunakan bentuk-bentuk acak untuk menunjukkan point-point atau gagasan-gagasan.


Tidak ada komentar: