Minggu, 26 April 2009

Cara Aktivasi iPOS 3.0

iPOS 3.0, sebelum diaktivasi akan berjalan pada trial mode (mode percobaan). Mode trial hanya dibatasi untuk 50x login (dulunya malah cuma 30x). Jika user memutuskan akan menggunakan software ini seterusnya maka harus melakukan aktivasi.

Di tampilan awal iPOS 3.0 akan muncul sbb :


Selanjutnya klik tombol aktivasi. Maka akan muncul form untuk aktivasi seperti berikut :

Masukkan Nomor Seri (SN) yang Anda miliki di field no 1. Jika Anda mengisi dengan benar maka pada field No. 2 akan muncul kode REG...... Selanjutnya adalah mengirimkan kode REG yang muncul via SMS ke no. 081 5573 5552 (harus ke nomor ini). Disarankan dalam mengirim SMS menggunakan HP GSM karena jika menggunakan CDMA terkadang responnya kurang cepat. SMS yang Anda kirimkan akan diterima oleh server aktivasi iPOS. Jika kode yang Anda kirimkan benar maka akan mendapat balasan berupa kode aktivasi. Nah, kode aktivasi ini harus dimasukkan ke field no 3. Selanjutnya klik tombol proses.

Ada hal yang perlu diketahui dalam proses ini yaitu :
1. Jika Anda sudah mengirimkan kode REG namun tidak segera mendapatkan balasan maka kemungkinannya adalah : 
- Anda salah mengetik kode REG dari yang seharusnya (cek lagi)
- Anda salah mengirimkan ke nomor lain, bukan nomor yang seharusnya (cek lagi)
- SMS tidak / belum sampai ke server karena trouble jaringan GSM (jarang terjadi)
- Server sedang down (sangat jarang terjadi)

2. Jika Anda telah mendapatkan kode aktivasi, tetapi ketika dimasukkan dan klik tombol proses, keluar komentar : "maaf kode aktivasi yang anda masukkan salah". Kemungkinan :
- Pada kode REG terdapat karakter "0". Karakter ini dapat ditafsirkan sebagai huruf O (oscar) atau angka 0 (nol). Jika memang terapat karakter ini maka silakan dicoba lagi dengan menggantinya dari nol ke O atau sebaliknya dari O ke nol.

3. Aktivasi ini sudah dianggap berhasil jika Anda sudah mengirimkan kode REG dengan benar dan mendapatkan kode aktivasi yang benar. Meskipun belum Anda masukkan ke filed no. 3 di atas, dan belum menekan tombol proses, Anda sudah dihitung melakukan 1 kali aktivasi. 

Terkadang terdapat kasus seperti berikut ini. User akan menggunakan iPOS di komputer kantor, namun ia mencobanya dulu di komputer pribadinya di rumah atau di notebooknya. Kemudian dia mencoba aktivasi dengan mengirmkan kode REG yang muncul dari komputer pribadinya tersebut. Setelah mendapatkan kode aktivasi dari SMS, dia baru ingat bahwa iPOS akan digunakan di komputer kantor. Apakah kode aktivasi yang ia dapatkan dapat digunakan di komputer kantor ? Jawabnya adalah tidak. Karena 1 Serial Number hanya untuk 1 komputer. Meskipun kode aktivasi belum diinputkan ke komputer pribadinya tetapi proses aktivasi sudah dianggap berhasil oleh server. Sehingga server akan mencatat bahwa Serial Number tsb sdh dipakai oleh komputer pribadinya yang di rumah, dan tidak bisa dialihkan ke komputer lain. Dalam hal ini user harus maklum.


2 komentar:

alom_doank mengatakan...

wah bagus buanget infonya sob!!!makasih infonya.
http://berbagicerita.info

Salon Oyah mengatakan...

Makasyiihh infonya, sob... btw, salam kenal yaaa ... klo ad wkt, mampir2 yaaa ke blog sederhana q bersama teman2 blogger yg lain >> http://salonoyah.blogspot.com ... makasyiiihhh...